Sabtu, 28 November 2009

Berdukun

Mas Darwin tetanggaku seorang pengangguran. Lama sudah tidak nampak dia pergi melamar pekerjaan."Seharian selalu mengunci diri di kamarnya." keluh adiknya seatu hari. Tapi beberapa bulan kemudian, rumah mas Darwin sedikit demi sedikit berubah. Memang tidak semewah istana, tapi bagi keluarga pengangguran lulusan SD itu, boleh di bilang lebih baik.

Aku jadi ikut-ikutan percaya tetanggaku, kalau mas Darwin kaya mendadak karena berdukun. Harta kekayaan yang tiba-tiba merubah hidup mereka membuat masyarakat di sekitar curiga. Nunik sang adik yang dulu sering berkumpul dengan kami, sekarang tidak pernah kelihatan lagi. Mereka berdua kakak beradik sama-sama tidak mau lagi bergaul. Sesekali aku melihat mereka keluar dengan mobil barunya. Dan kembali dengan seabre belanjaan.

Suatu hari aku membutuhkan sebuah data, karena google terkenal dengan kesaktiannya, akupun mencoba mencari data yang aku perlukan lewat google. Weleh, ternyata banyak judul yang keluar. Sampai aku bingung memilih mana yang harus di klik. Kemudian aku memilih mengklik judul yang paling atas.
Tak lama sebuah blog terbuka dengan judul dan isi artikel yang persis aku butuhkan, seperti biasa aku melihat foto profile, milik siapakah gerangan blog itu? Sebuah foto dengan gambar orang yang sangat tidak asing lagi. Foti mas Darwin...

Selidik punya selidik ternyata selama ini mas Darwin mengurung diri di kamar bukan karena malas, dan kekayaan yang dia dapatkan bukan hasil berdukun. Melainkan bekerja di dunia maya. Tapi yang membuat aku salut, dia lulusan SD, tapi mampu mendobrak dunia maya. Meraup rezeki yang tidak sedikit dengan tulisan dan bahasa yang baik. Artikel-artikel yang dia publikasikan sangat bagus. Dan blog itu ternyata sudah tenar di dunia blogger. Komentar pada setiap postingan bukan hanya puluhan, tapi sudah mencapai ratusan. Ck..ck...ck... aku berdecak kagum.

Aku baru ingat, dulu ketika mas Darwin masih bekerja sebagai supir pribadi, dia pernah cerita, kalau dia sering belajar komputer dari anak majikannya yang sudah jago. Bahkan bukan hanya masalah komputer saja, tapi juga internet. Saat mas Darwin terakhir bekerja, karena majikannya pindah ke luar negeri, dia membawa sebuah lap top jadul. Dia bilang di beri anak majikannya. Dan mas Darwin memanfaatkan fasilitas yang ada untuk mencari uang. Dia masih sering berhubungan dengan anak majikannya yang kini sudah berada di negeri orang.

Ternyata, kaya itu tidak perlu sekolah tinggi-tinggi juga ya. Yang penting kemauan... baca, belajar, mencoba, berusaha, tidak putus asa dan yang penting... do'a.
Sumpah, aku menyesal dan malu hati karena pernah berburuk sangka pada mas Darwin.


20 Comments:

Herman Sahari said...

halo, syarat berbisnis yg baik adalah :

pertama : berkemauan keras, kerja keras, rajin, jujur dll yg berhub dg pribadi
kedua : menguasai cara pengelolaan/manajemen
ketiga : memiliki sumber modal

urut-urutan tersebut sukar dibolak-balik.
ada org yg mengerti ttg manajemen dg baik, tetapi tdk memiliki sifat pekerja keras, tdk telaten menjual krn malas dll yg berhub dg pribadi.

ada org yg memiliki uang banyak, mungkin krn warisan dr org tuanya dll, ttp tdk memiliki : kepribadian yg rajin, telaten, semangat utk bekerja keras dan yg sulit lagi tdk memiliki latar belakang pendidikan di bidang manajemen. Kebanyakan modal yg dipakai akan semakin habis.

ada org yg hanya memiliki kemauan keras, telaten, semangat yg tinggi, rajin dan inovatif, ttp tdk memiliki kemampuan manajemen yg benar dan tidak memiliki modal besar....krn syarat yg paling utama dimiliki oleh org tsb, maka kebanyakan org spt ini lambat laun akan berhasil, akan mengerti ttg manajemen yg benar melalui pengalamannya meskipun tdk pernah membaca buku ttg manajemen/cara pengelolaan yg benar dan org spt ini akan berani mengambil resiko utk meminjam modal pada bank bahkan dlm jumlah yg besar utk mengembangkan usahanya...

terimakasih, selamat menikmati hari yg indah...

Galeri said...

Terima kasih komen nya.... Info yg sangat bermanfaat.

rAy jR...@...Aliff said...

haha..inf0 duku...haha

Make Up said...

Untuk rAy jR...@....Aliff => ANDA BERKOMENTAR TANPA MEMBACA dulu ya? Siapa yang Anda tertawakan?

Galeri said...

Tq, sis...!!

Galeri said...

Tq, sis...!!

rAy jR...@...Aliff said...

tertawakan org2 yg terlalu taksub dengan ilmu2 dukun sampai lupa akan tanggunggjwab mereka terhadap tuntutan agama..


kekayaan tidak akan datang tanpa usaha...betol x?

Galeri said...

betol....
ok tq

nuansa pena said...

Salut sama Mas Darwin ..... jenjang pendidikan tidak membuatnya minder .... malah punya semangat tinggi ... dan saya kira dia suka tantangan! Penulisnya juga jeli mengangkatnya sebagai postingan!

puguh d said...

Kemampuan seseorang tidak bisa diukur dari pendidikan formalnya, tapi kemauan belajarnya dan ketepatan nara sumber ilmu yang dipelajarinya.

Galeri said...

Terima kasih atas partisipasinya. Komentar sobat-sobat blogger sangat bermanfaat untuk kemajuan blog ini dan juga penulis.

insanitis37 said...

Itu true story atau fiksi belaka mba??
hebat bener ya...
kalo beneran kasih ke aku link blognya ya, hehe

Galeri said...

Label nya juga fiksi. Boong lah. Gak tau nech tiba2 aja angan2ku melambung jauh ttg dunia blog hehehe (Ce ile melambung jauh gitu loh!)

elyas said...

info yang top markotop suwun

gak mutu said...

Apa artinya banyak gelar atau embel embel dibelakang nama tapi tidak dapat mempergunakannya ....

sekarang yang dibutuhkan adalah orang yang dapat menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri ...

rental mobil said...

wah cerita diatas sungguh menginspirasi jiwaku

willyo Alsyah said...

istirahat siang dari kedinasan...langsung bergerilya lagi disini..

pemancing said...

Kalo mas darwin aja bisa. berarti aku juga harus bisa...
Semangat..!!!!!

@cicin said...

@pemancing: Di dunia ini tidak ada yang tidak mujngkin. Kecuali orang memakan kepalanya sndiri. hehehe. Meskipun cerita ini fiksi, tp gada salahnya mencoba seperti dia. Sapa tau dari fiksi berubah jadi nyata. Tetap semangat ya....!!!

obat herbal stroke said...

salam kenal mba hadir untuk mengunjungi,,.,

 

blogger templates | Make Money Online